Penyebab Menopause Wanita

Penyebab Menopause Wanita – Sejalan dengan pertambahan usia, ovarium menjadi kurang tanggap terhadap rangsangan oleh LH dan FSH yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisa. Akibatnya ovarium melepaskan lebih sedikit estrogen dan progesteron dan pada akhirnya proses ovulasi (pelepasan sel telur) berhenti. Menopause dini adalah menopause yang terjadi sebelum usia 40 tahun. Kemungkinan penyebabnya adalah faktor keturunan, penyakit autoimun dan rokok.

Penyebab Menopause Wanita

Penyebab Menopause Wanita

Penyebab Menopause Wanita buatan terjadi akibat campur tangan medis yang menyebabkan berkurangnya atau berhentinya pelepasan hormon oleh ovarium. Campur tangan ini bisa berupa pembedahan untuk mengangkat ovarium atau untuk mengurangi aliran darah ke ovarium serta kemoterapi atau terapi penyinaran pada panggul untuk mengobati kanker. histerektomi (pengangkatan rahim) menyebabkan berakhirya siklus menstruai, tetapi selama ovarium tetap ada hal tersebut tidak akan mempengaruhi kadar hormon dan tidak menyebabkan menopause.

Wanita pasca menopause yang mengonsumsi estrogen tanpa progesteron memiliki risiko menderita kanker endometrium. Resiko ini berhubungan dengan dosis dan lamanya pemakaian estrogen. Jiak terjadi perdarahan abnormal dari vagina, dilakukan biopsi lapisan rahim. Mengonsumsi progesteron bersamaan dengan estrogen dapat mengurangi risiko terjadiya kanker endometrium.

Biasanya terapi sulih hormon estrogen tidak dilakukan pada wanita yang menderita atau pernah menderita kanker payudara atau kanker endometrium stadium lanjut, pendarahan kelamin dengan penyebab yang tidak pasti, penyakit hati akut, penyakit pembekuan darah porfiriaintermiten akut. Kepada wanita tersebut biasanya diberikan obat anti cemas, progesteron atau klonidin untuk mengurangi hot flashes. Unuk mengurangi depresi, kecemasan, mudah tersinggung dan susah tidur bisa diberikan anti depresi.

Perempuan yang mengalami suatu keadaan ditandai dengan siklus haid yang tidak teratur dan mulai berhenti menstruasi selama 12 bulan atau setahun merupakan salah satu hal yang disebut dengan menopause. Penyebab menopause wanita disebabkan karena adanya beberapa faktor pemicu. Namun, harus Anda ketahui bahwa menopause merupakan salah satu hal yang alami terjadi dan pasti akan terjadi pada semua wanita didunia dengan gejala menopause yang berbeda-beda. Salah satunya adalah faktor genetik yang mempunyai suatu kemungkinan dari berperan pada usia menopause. Baik pada usia pertama haid, melahirkan di usia muda, dan juga berat badan yang tidak stabil yang bisa memicu dari terjadinya menopause. Selain itu, wanita yang mempunyai kembar clizigot atau juga wanita dengan siklus haid yang lebih pendek akan mudah memasuki masa menopause lebih awal dibandingkan oleh wanita yang mempunyai siklus haid yang normal. Dan memasuki masa menopause yang lebih awal maka biasanya akan dijumpai oleh wanita nulipara, wanita dengan penyakit diabetes, yang merokok aktif, kurang gizi, dan wanita yang vegetarian, serta wanita dengan sosioekonomi yang rendah.

Cara yang paling tepat untuk menghindari gejala menopause adalah dengan menghindari penyebab menopause wanita. Penyebab menopause wanita bisa dihindari dengan cara memperbaiki pola hidup seperti misalnya jika Anda adalah seorang pecandu rokok, maka sebaiknya mulailah untuk tidak merokok.

Salah satu gejala penyebab menopause wanita adalah turunnya kadar estrogen yang menyebabkan terjadinya gangguan pada kesehatan tubuh dan menimbulkan suatu gejala menopause yang sangat mengganggu. Dan biasanya pasien mempunyai keluhan vagina yang mengalami kekeringan dan juga terasa panas atau terbakar, namun ada juga beberapa  wanita yang mengalami keluhan dispereunia yang terasa berat dan bisa dipengaruhi dari terjadinya hubungan seksual pada pasangan. Wanita yang kadar hormon estrogennya menurun akan menyebabkan nyeri saat berhubungan seksual dan akan membuat terjadinya pendarahan saat melakukan hubungan seksual akibat vagina yang kering. Cara mengatasi penyebab menopause wanita adalah dengan menggunakan cairan pelumas saat sedang melakukan hubungan seksual.

Pada wanita yang mengalami menopause biasanya akan mengalami suatu perubahan pada kulit. Perubahan kulit yang terjadi adalah lemak dibawah kulit akan menjadi berkurang sehingga kulit akan terlihat lebih kendor, selain itu kulit muka akan terbakar sinar matahari dan lebih mudah untuk memunculkan pigmnetasi dan menjadi flek hitam, pada kulit biasanya akan muncul bintik yang hitam. Dan untuk kulit biasanya akan muncul bintik hitam. Otot dibagian bawah kulit akan mengendur sehingga menjadi jauh lebih lembek. Kelenjar dibagian kulit akan menjadi kurag berfungsi sehingga akan membuat kulit terlihat lebih kering dan lebih keriput.

Perubahan lain yang terjadi akibat dari penyebab menopause wanita adalah perubahan metabolisme tubuh yang ditandai degan ciri-ciri menurunnya kadar hormon tiroksin dan insulin yang akan menyebabkan terjadinya pembakaran dan juga kebutuhan tubuh mengalami penurunan. Untuk bisa menyesuaikan terjadinya penurunan pada sistem metabolisme ini bisa dilakukan dengan perubahan pad pola makan dan juga disesuaikan dengan kebutuhan harian Anda. Perubahan pada pola makan dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan yang mengandung kandungan serat tinggi di dalam tubuh.

Penyebab Menopause Wanita


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menopause Wanita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *