Menopause Pada Wanita

Menopause Pada Wanita  - Menopause adalah peristiwa berhentinya masa menstruasi seorang wanita. Hal tersebut merupakan kejadian yang paling umum dalam siklus hidup wanita yang ditandai dengan kemampuan untuk melahirkan anak sudah lewat.

Menopause Pada Wanita

Menopause Pada Wanita

Biasanya rata-rata umur Menopause Pada Wanita adalah ketika wanita berumur sekitar 52 tahun dengan rata-rata harapan hidup wanita sekitar 78 tahun. Akan tetapi ada beberapa orang yang berhenti haid pada usia akhir 30-an atau awal 40-an. Peristiwa ini seringklai terjadi secara perlahan, tetapi ada juga yang terjadi sekaligus. Bahkan menopause dapat terjadi secara dini atau prematur yang disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah karena operasi pengangkatan indung telur. Dengan demikian dia tidak mengalami masa primenopasue.

Menopause dini dapat juga disebabkan oleh stres yang berlebihan, mengalami peristiwa kemoterapi, perasaan sedih yang mendalam, anemia, atau melakukan olahraga yang berlebihan.

Proses Menopause Pada Wanita tersebut di mulai dengan perlambatan fungsi indung telur, kemudian diikuti dengan perubahan-perubahan fisik, emosi, dan hormon. Kejadian yang paling signifikan dalam masa tersebut adalah perubahan keseimbangan hormon terjadi dengan pengurangan jumlah estrogen yang diproduksi indung telur. Akhirnya, ada tingkat produksi estrogen berkurang dengan drastis sehingga menstruasi tidak teratur dan akhirnya berhenti. Pada saat itu pula tingkat produksi progesteron juga menuun. Hormon-homron itulah yang sangat berpengaruh dan mengatur beberapa fungsi fisik dan emosi.

Pemahaman yang baik mengenai menopause pada wanita merupakan salah satu hal yang penting. Karena jika kurang mengetahui pengetahuan yang benar tentang menopause pada wanita maka akan menimbulkan suatu hal yang kurang baik untuk psikis Anda dan juga akan menimbulkan suatu kasus kecemasan berlebihan. Dan untuk mengatakan pengetahuan mengenai informasi menopause wanita serta juga dukungan dari lingkungan sekitar akan membantu untuk membuat mereka lebih siap menghadapi kecemasan yang terjadi pada masa menopause.

Wanita yang mengalami perimenopause yang sebelumnya sudah mengetahui terlebih dahulu tentang informasi megenai menopause wanita maka biasanya mereka akan lebih siap untuk menghadapi, menerima datangnya menopause sebagai salah satu hal yang alami terjadi dan merupakan rangkaian perjalanan hidup wanita, karena sudah diantisipasi sejak dini hal ini akan membuat mereka menjadi tidak terlalu cemas akan menopause. Kualitas hidup dari seorang wanita yang sedang menjalani perimenopause biasanya sangat bergantung dari tiap pandangan masing-masing orang mengenai menopause, dan juga termasuk kedalam pengetahuan mereka tentang menopause wanita.

Walaupun menopause wanita merupakan suatu hal yang alami terjadi, namun ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala menopause yang disebabkan karena penurunan dan hilangnya hormon estrogen yakni adalah dengan mengatur porsi makan dan pola makan yang tepat sedini mungkin, dan selain itu melakukan olahraga yang teratur bisa membantu untuk mengatasi keluhan menopause wanita, karena dengan melakukan olahraga maka bisa membantub menjaga kesehatan jantung dan juga kesehatan tulang, mengatur berat badan, membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar dan bisa membantu memperbaiki suasana hati atau mood. Mengatasi stres dan depresi yang bisa menyebabkan gejala menopause diatas.

Namun, untuk wanita yang masih belum siap menghadapi masa menopause pada wanita lanjut usia maka mereka akan mengalami penurunan cara berpikir dan daya ingat yang menurun, selain itu gangguan yang terjadi pada emosi misalnya adalah ketakutan jika disebut dengan tua, rasa takut akan kesan bahwa tua sudah tidak menarik lagi, susah tidur atau cepat bangun, mudah marah, dan juga emosional yang terjdi dengan spontan, merasa mempunyai tekanan yang berat dan merasa sedih tanpa diketahui dengan jelas apa penyebabnya. Rasa akan takut akan kehilangan suami, anak dan ditinggalkan sendiri. Selain itu gejala menopause wanita lainnya adalah gairah seksual yang menurun dan sulit mendapatkan rangsangan. Keadaan ini pada akhirnya akan menjadi suatu tekanan dan menimbulkan stres, baik di masa perimenopause, premenopause atau juga di masa postmenopause.

Peningkatan jumlah menopause pada wanita lansia setiap tahunnya akan memunculkan suatu masalah yang tersendiri, apalagi jika ditambah dengan adanya suatu keluhan yang terjadi pada masa menopause. Dan walaupun tidak menimbulkan masalah kematian, namun menopause akan membuat wanita menjadi kurang nyaman dan bisa mengganggu kehidupan sehari-hari mereka serta bisa menurunkan kualitas hidup. Keadaan yang seperyti ini pasti membutuhkan suatu penanganan yang tepat agar mereka lebih siap untuk menghadapi gejala menopause pada wanita, serta menghadapi penyakiytt kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, osteoporosis, kanker dan demensia untuk tipe Alzheimer. Padahal dalam jangka waktu usia 40-65 tahun dimasa klimakterium banyak sekali wanita yang mencapai puncak prestasi karir mereka.

Itulah informasi mengenai menopause pada wanita dan keluhan menopause yang terjadi pada wanita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Menopause Pada Wanita


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menopause Wanita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>