Menopause Pada Wanita

Menopause adalah peristiwa berhentinya masa menstruasi seorang wanita. Hal tersebut merupakan kejadian yang paling umum dalam siklus hidup wanita yang ditandai dengan kemampuan untuk melahirkan anak sudah lewat.

Biasanya rata-rata umur menopase adalah ketika wanita berumur sekitar 52 tahun dengan rata-rata harapan hidup wanita sekitar 78 tahun. Akan tetapi ada beberapa orang yang berhenti haid pada usia akhir 30-an atau awal 40-an. Peristiwa ini seringklai terjadi secara perlahan, tetapi ada juga yang terjadi sekaligus. Bahkan menopause dapat terjadi secara dini atau prematur yang disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah karena operasi pengangkatan indung telur. Dengan demikian dia tidak mengalami masa primenopasue.

Menopause dini dapat juga disebabkan oleh stres yang berlebihan, mengalami peristiwa kemoterapi, perasaan sedih yang mendalam, anemia, atau melakukan olahraga yang berlebihan.

Proses tersebut di mulai dengan perlambatan fungsi indung telur, kemudian diikuti dengan perubahan-perubahan fisik, emosi, dan hormon. Kejadian yang paling signifikan dalam masa tersebut adalah perubahan keseimbangan hormon terjadi dengan pengurangan jumlah estrogen yang diproduksi indung telur. Akhirnya, ada tingkat produksi estrogen berkurang dengan drastis sehingga menstruasi tidak teratur dan akhirnya berhenti. Pada saat itu pula tingkat produksi progesteron juga menuun. Hormon-homron itulah yang sangat berpengaruh dan mengatur beberapa fungsi fisik dan emosi.


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menopause Wanita and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>