Masa Menopause

Seiring dengan beratmabahnya usia dengan hidup manusia sekarang ini, menopause juga menjadi masalah yang mendapat perhatian khusus wanita modern, karena dengan meningkatnya usia harapan hidup akan lebih banyak wanita yang berhasil melewati masa menopause, dalam fase kehidupannya. Masa menopause bukanlah merupakan peristiwa yang terjadi secara mendadak, melainakn suatu proses yang berlangsung lama, bahkan ada orang tertentu, dapat berlangsung selama 10 tahun. Jadi tanda-tanda menopause sebenarnya sudah dapat dirasakan oleh sebagian wanita sejak usia 40 tahunan. Proses masa mesntruasu benar-benar berhenti terjadi pada seorang wanita ketika memasuki rentang usia antara 48 tahun sampai dengan 52 tahun.

Untuk mengantisipasi proses alam diatas, banyak upaya yang dilakukan saat ini, salah satnya adalah dengan menghambat datangnya masa menopause secara dini. Hal tersebut dapat dilakukan sejak usia 40 tahun, antara lain dengan cara melakukan olahraga teratur, tidak merokok dan minum-minuman beralkohol, mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin, dan jika masih dirasa perlu, mengonsumsi vitamin tambahan , menguranhi konsumsi kopi dan minuman bersoda. Dari yang paling sering adalah lebih banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung fitoestrogen. Fitoestrogen adalah senyawa alamiah yang ada dalam tumbuh-tumbuhan dan kacang-kacangan yang struktur kimianya mirip dengan hormon estrogen dan disinyalir akan menghasilkan efek seperti kerja estrogen. Kekurangan hormon estrogen yang biasanya terjadi pada wanita menopause, menimbulkan banyak keluhan baik pada emosinya maupun kesehatannya.

Susu kedelai adalah cairan berwarna putih seperti susu sapi yang dibuat dari kacang kedelai. Susu kedelai ini banyak digunakan untuk resep-resep masa menopause, karena banyak mengandung zat fitoestrogen. Membuat susu kedelai tidak sulit, tetapi jika memperhatikan tahap-tahap pembuatannya akan diperoleh hasil yang kurang maksimal. Misalnya cita rasanya menjadi langun atau menyengat dan lain sebagainya. Biasanya untuk mengurangi cita rasa dan aroma yang kurang sedap tersebut, Anda dapat memanipulasi dengan menambah cita rasa buah-buahan atau bahan lain yang dapat mendominasi, seperti daun pandan, atau rempah-rempahan lainnya.

Cara membuat susu kedelai adalah sebagai berikut :

  1. 500 gr kacang kedelai rendam selama 4-6 jam atau hingga mengembang dan lunak.
  2. Tiriskan, kemudian taruh  dalam baskom, siram dengan air mendidih dan diamkan kurang lebih 15 menit, buang airnya. Proses inilah yang dapat mengurangi bau khas yang sering keluar. Buang kulit ari, dan haluskan dalam blender.
  3. Kemudian tambahkan 2,5 liter air panas dinginkan dan kemudian saring dengan kain penyaring atau diperas dengan menggunakan kain bersih (dengan menggunakan cara ini, rendaman susu kedelai akan larut secara maksimal). Proses terakhir susu hasil perasan dijerang diatas api kecil sambil diaduk-aduk usahakan jangan sampai mendidih, cukup mengeluarkan asap tipis.
  4. Tuangan ke dalam wadah penyimpan dalam keadaan panas. Dinginkan sampai cukup dingin dan simpan dalam lemari es.

=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menopause Wanita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>