Masa Menopause Wanita

Masa Menopause Wanita – Berhentinya siklus menstruasi secara fisiologis berkaitan dengan tingkat lanjut usia seorang wanita yang sering disebut dengan masa menopause wanita. Ketika berusia 40 tahun wanita telah mengalami perubahan dalam kepadatan tulang, siklus menstruasi mulai tidak teratur, waktu menstruasi lebih sebentar dari waktu biasanya serta menstruasinya sangat sedikit. Biasnaya 2-8 tahun sebelum menopause, sebagian besar wanita mulai tidak tentu maa ovulasinya. Folikel indung telur (berfungsi mematangkan telur setiap bulan) akan mengalami kerusakan sehingga pasokan folikel akan habis. Zat yang dihasilkan dalam indung telur akan semakin berkurang dan akan meningkatkan kadar Follicle Stimulatting Hormone (Hormon perangsang folikel yang dihasilkan hipofise). Sebelum terjadi menopause seorang wanita mengeluarkan estrogen utama yang disebut dengan estradiol dan selama pra-menopause tubuh wanita akan menghasilkan estrogen yang dihasilkan dalam indung telur dan dalam lemak tubuh yang disebut estrogen.

Masa Menopause Wanita

Masa Menopause Wanita

Gejala masa menopause wanita adalah :

  1. Kulit menjadi merah dan hangat disertai keringat yang kelebihan (hot flashes) biasanya akan terjadi selama 1 tahun atau lebih.
  2. Vagina menjadi kering karena penipisan jaingan pada dinding vagina
  3. Gejala psikis dan emosional seperti mudah lelah, mudah tersinggung, susah tidur, dan gelisah yang disebabkan oleh berkurangnya kadar estrogen.
  4. Sering berkeringat pada malam hari yang menyebabkan gangguan tidur sehingga kelelahan semakin memburuk dan semakin mudah tersinggung.
  5. Pusing, kesemutan dan palpitasi (jantung berdebar)
  6. Hilangnya kendali terhadap kandung kemih (beser)
  7. Peradangan kandung kemih atau vagina
  8. Osteoporosis (pengeroposan tulang).

Secara garis besar kebutuhan masa menopause wanita dapat disarankan disamakan dengan kebutuhan wanita dewasa, akan tetapi jika difokuskan, kebutuhan zat gizi pada masa menopause adalah mengatur aspan vitamin A, C, B, D, dan E. Di samping itu juga menjaga keseimbangan metabolisme kalsium dan mineral lain, serta banyak mengonsumsi zat pengganti estrogen yang lebih dikenal dengan zat fitoestrogen. Vitamin A, seperti diketahui sangat baik untuk membantu pertumbuhan, kesehatan kulit dan mata. Vitamin B kompleks untuk mencegah rasa lelah dan menjaga stabilitas emosi, vitamin C berguna untuk mencegah terjadinya osteoporosis, sedangkan vitamin E untuk membantu mengurangi gejala panas serta keluhan psikologis.

Mineral yang penting dan mutlak diperlukan pada masa menopause adalah kalsium. Diperlukan paling tidak 1.000-1.500 miligram kalsium setiap hari. Jika tidak osteoporosis bukan tidak mungkin akan terjadi, yaitu penyusutan tulang, mudah patah dan lain sebagainya. Secara lengkap kecukupan zat gizi yang diperlukan masa menopause wanita per har adalah sebagia berikut : protein 50 gram dapat diperoleh dari susu, daging, ikan, telur, keju, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

Gejala masa menopause wanita untuk jangka waktu panjang biasnaya terjadi selama kurang lebih 5-10 tahun. Dan keluhan ini bisa terjadi salah satunya adalah keluhan osteoporosis atau keluhan pengeroposan tulang, demensia atua pikun dan terjadinya serangan penyakit jantung. Penyakit osteoporosis merupakan salah satu gejala menopause jangka panjang yang mulai harus di deteksi sejak dini dan harus dicegah. Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang bisa membuat tulang menjadi rapuh dan bisa dengan mudah patah. Selain itu, keluhan dari osteroporosis bisa sangat bervariasi, bisa terjadi tanpa adanya suatu keluhan, dan bisa terasa sangat nyeri atau terjadi dengan mendadak. Perlu hati-hati untuk kasus pengeroposan tulang yang terjadi karena akan menyebabkan terjadinya kualitas hidup yang menurun dan hal ini bisa menjadi sangat fatal.

Cara mengatasi gejala masa menopause wanita adalah dengan melakukan penanganan secara komprehensif atau penangan terpadu. Caranya adalah dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu yang bisa dilakukan. Dan penanganan ini dibagi menjadi tiga jenis yakni adalah :

  1. Informasi yang jelas dan terpadu pada masyarakay mengenai menopause, hal ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat mengenai masa menopause wanita terjadi secara alami dan merupakan salah satu bentuk perjalanan pada wanita.
  2. Menerapkan pola hidup yang sehat, dan mencari suatu kesibukan yang sifatnya positif dan bisa juga berupa mengembangkan hobi, melakukan organisasi yang aktif, melakukan olahraga dengan teratur dan juga mendalami ilmu agama serta lainnya.
  3. Menggunakan terapi sulih hormon untuk mengurangi gejala menopause yang terjadi.

Dalam menangani masa menopause pada wanita menggunakan terapi sulih hormon adalah dengan melakukan pengobatan pengganti hormon estrogen yang turun tadi. Dan secara logika sangat rasional karena penggantian ini akan membuat hormon estrogen jumlahnya kembali cukup dan bisa membantu mengurangi gejala menopause. Namun Anda harus ingat bahwa penggunaan dari terapi sulih hormon ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena resiko serta efek sampingnya yang bisa menjadi sangat berbahaya untuk wanita. Terapi sulih hormon harus dilakukan sesuai dengan pengawasan oleh dokter.

Masa Menopause Wanita


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menopause Wanita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>